4 Cara Mudah dalam Mengecek Saldo BPJS Ketenagakerjaan

4 Cara Mudah dalam Mengecek Saldo BPJS Ketenagakerjaan – BPJS Ketenagakerjaan mengusung JHT untuk para pegawai yang sudah tidak bekerja lagi atau pensiun. JHT sendiri merupakan jaminan dimana di hari tua nanti, para pegawai yang sudah tidak dapat bekerja lagi mendapatkan bantuan untuk kehidupan mereka.

JHT ini diperoleh dari potongan atau iuran per bulan dari gaji para pegawai. Semua ini akan dijumlah dan di akumulasikan saat pegawai sudah tidak lagi bekerja atau mengalami masa pensiun.

Apakah Anda merupakan salah satu pemegang JHT? Jika iya, apakah Anda sudah mengetahui prosedur dalam pengambilan saldo JHT? Atau Anda ingin memeriksa berapa saldo pada JHT?

Anda harus paham mengenai cara cek saldo BPJS ketenagakerjaan, agar bisa menentukan masa tua yang diinginkan. Simak penjelasan berikut ini

Via Aplikasi

Hal yang paling mudah adalah dengan menggunakan aplikasi. Aplikasi JMO sendiri merupakan inovasi digital terbaru dari lembaga BPJS ketenagakerjaan. Aplikasi ini dapat membantu Anda meringankan beban dalam mengantre, atau merasakan panasnya cuaca di luar.

Aplikasi JMO dapat kamu temukan pada Playstore ataupun AppStore. Fitur yang diberikan pun sangat banyak, mulai dari pengajuan JHT, cek saldo, kartu digital, promo, berita, laporan, informasi bermanfaat, dan fitur-fitur lainnya.

Jika ada beberapa pertanyaan mengenai JHT sendiri atau ketentuan serta peraturan yang ada, disarankan datang ke kantor cabang terdekat. Jika tidak memungkinkan Anda dapat menghubungi pihak terkait pada BPJS ketenagakerjaan

Untuk syarat registrasi pada aplikasi ini, Anda harus menyiapkan;

  1. Kartu BPJS ketenagakerjaan (nomor KPJ)
  2. Nama
  3. NIK E-KTP
  4. Tanggal lahir

Setelah Anda login pada akun dengan ketentuan diatas, Anda dapat mengecek saldo JHT Anda, atau membaca informasi terkini pada laman aplikasi

Via SMS

Cara cek saldo BPJS ketenagakerjaan lainnya adalah via SMS. Fitur yang hampir sama seperti provider internet, BPJS ketenagakerjaan membuat fitur ini untuk mempermudah pada peserta JHT dalam mendapatkan data dimanapun dan kapan pun.

Pada fitur ini peser JHT diwajibkan untuk mendaftar sebelum mengecek saldo via SMS dengan cara sebagai berikut

  1. Buat pesan baru menggunakan SmartPhone maupun HandPhone
  2. Ketik “daftar SALDO#NO_KTP#TGL_LAHIR(DD-MM-YYYY)#NO_PESERTA#EMAIL
  3. Kirim dengan nomor tujuan 2757
  4. Tunggu jawaban

Jika Anda sudah terdaftar, Anda dapat menanyakan tentang saldo Anda dengan mengetik “ SALDO no peserta”.

Namun jika Anda masih belum mendapatkan kepastian atau terjadi kesalahan. Anda sangat disarankan untuk datang pada kantor cabang BPJS

Untuk informasi, Hasil atau jumlah dari JHT dapat ditarik dengan minimal jangka waktu 10 tahun dan syarat-syarat lainnya. Untuk ketentuan lebih jelasnya Anda dapat membaca Peraturan Pemerintah No. 60 Tahun 2015

Via Kantor Cabang

Cara cek saldo BPJS ketenagakerjaan berikutnya adalah dengan mendatangi kantor. Anda dapat menanyakan secara langsung syarat- syarat pengecekan saldo JHT, cara penarikan JHT, jangka waktu penarikan, atau syarat-syarat lainnya.

Hampir sama dengan aplikasi, Anda disarankan membawa syarat-syarat diatas, tetapi ingat, syarat dapat berubah jadi tidak bisa paten sepenuhnya.

Untuk kantor cabang disarankan untuk datang pada hari kerja dan pada waktu kerja agar penanganan lebih maksimal

Via Website

Website merupakan cara BPJS ketenagakerjaan membantu Anda untuk menerima informasi. Untuk masuk ke dalam website resmi BPJS ketenagakerjaan, Anda harus membuat akun terlebih dahulu, jika sudah Anda dapat langsung menggunakan akun tersebut.

Pada laman website akan tersedia tampilan atau menu Liat Saldo JHT dan sistem akan memproses

You May Also Like

About the Author: darwins

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *