Cara Cek Nomor IMEI Dengan benar dan Terbaru

Cara Cek Nomor IMEI – Pada tanggal 17 Agustus tahun 2019 silam, pemerintah melalui Kementerian Perindustrian telah secara resmi menjalankan kebijakan terkait pengaturan dan pengontrolan nomor IMEI yang ada di smartphone. Agaknya, banyak masyarakat yang belum paham tentang IMEI ini.

Adapun peraturan mengenai IMEI ini memang sengaja dijalankan guna memberantas peredaran smartphone ilegal yang mana datangnya dari penjualan black market atau BM yang sangat marak di Indonesia sejak zaman dahulu kala. Praktik ini beredar luas di Tanah Air.

Lewat adanya kebijakan IMEI tersebut, dapat membatasi peredaran dari smartphone ilegal di Indonesia. Adapun cara cek imei dilakukan untuk mengetahui apakah smartphone tersebut legal atau ilegal diperjualbelikan di Tanah Air, sehingga meminimalisir dari barang ilegal.

Maka dapat dikatakan bila smartphone yang tidak memiliki nomor IMEI, tidak akan terdaftar pada database pemerintah dan secara langsung akan terblokir dengan sendirinya. Guna mengetahui informasi lebih lanjut tentang IMEI ini, ikuti informasinya pada artikel di bawah ini.

Sekilas Tentang IMEI dan Fungsinya

Sebelumnya, mari ketahui terlebih dahulu apa itu IMEI. IMEI ini merupakan singkatan dari International Mobile Equipment Identity atau dalam bahasa Indonesianya disebut sebagai nomor identitas khusus untuk mengidentifikasi dari penggunaan ponsel oleh individu tertentu.

IMEI merupakan kumpulan nomor yang jumlahnya 15 digit, dimana nomor IMEI ditandai dengan nomor 14 digit awal, sedangkan nomor terakhir merupakan nomor yang digunakan untuk verifikasi ulang seluruh digit IMEI yang ada di depannya.

Setiap digit pada IMEI dimaksudkan untuk memeriksa beragam informasi yang ada di ponsel itu. Dimana informasi tersebut menyangkut asal dari smartphone tersebut, dari mana pabrikan yang membuat smartphone tersebut hingga nomor model dari smartphone yang digunakan.

Maka, dapat dikatakan bahwa IMEI ini merupakan sebuah identitas resmi yang terdapat pada smartphone yang digunakan. Nomor tersebut juga secara aktif digunakan pada jaringan GSM guna mengidentifikasi sebuah perangkat smartphone yang coba tersambung dengan jaringan.

Maka dari itu, IMEI sendiri tidak hanya penting digunakan untuk mengidentifikasi sebuah perangkat smartphone saja, melainkan juga dapat digunakan untuk melakukan pemblokiran pada smartphone yang hilang ataupun dicuri, sehingga tidak dapat tersambung jaringan.

Seperti yang juga sudah dijelaskan, nomor IMEI secara resmi memang digunakan untuk mengurangi dan mencegah dari peredaran smartphone ilegal yang diperoleh dari transaksi black market atau BM yang dilakukan secara ilegal oleh oknum tertentu.

Maka, penting bagi seorang pengguna smartphone untuk mengetahui apakah perangkat smartphone yang digunakan tersebut memiliki nomor IMEI atau tidak, sehingga nantinya dapat dipergunakan dengan benar lewat ketersambungan dengan sinyal jaringan GSM.

Cara Cek Nomor IMEI Mudah

Bagi para pengguna smartphone yang penasaran dengan nomor IMEI dari perangkat smartphone yang digunakan, pengguna dapat langsung mencari tahu cara cek imei secara mudah dan juga cepat. Berikut beberapa cara mudah guna mengetahui nomor IMEI ponsel.

Ada dua cara yang dapat digunakan untuk mengecek nomor IMEI, pertama pada Android dan kedua pada iPhone. Cara yang digunakan pada smartphone Android yakni:

  • Masuk pada menu pengaturan dan carilah opsi About Phone, yang mana opsi tersebut sering kali berada di barisan bawah halaman pengaturan
  • Buka opsi About Phone tadi dan pilihlah opsi Status atau Phone Status
  • Carilah informasi tentang IMEI pada IMEI information dan nomor IMEI akan diketahui dengan mudah.

Demikian tadi cara cek imei pada Android yang dapat dilakukan dengan cepat dan juga mudah. Semoga dapat bermanfaat, sekian dan terima kasih.

You May Also Like

About the Author: darwins

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *