Cara Lapor Pajak Online Secara Benar

Cara Lapor Pajak Online Secara Benar – Bagi Anda yang merupakan wajib pajak perhatikan dengan baik cara lapor pajak online supaya lebih praktis dan cepat. Laporan pajak tahunan adalah kewajiban bagi setiap warna negara khususnya yang terdaftar sebagai wajib pajak. Nah, saat ini Anda dapat lapor pajak secara online sehingga akan semakin mudah untuk melaporkan pajak tahunan.

Mungkin saja belum cukup banyak masyarakat yang paham mengenai cara melapor SPT online jadi harus perhatikan cara dan tipsnya. Untuk melaporkan SPT harus memiliki djp online dahulu dan untuk membuatnya dengan menulis NPWP dan kode EFIN. Nah, untuk panduan lapor SPT atau pajak online selengkapnya ada di bawah ini.

Panduan Lapor SPT Online Dengan Benar

Panduan lapor SPT online yang mudah dan benar bagi wajib pajak adalah :

  1. Mengakses Situs Resmi

Panduan melapor SPT secara online yang mudah adalah dengan mengakses situs resmi pajak online. Sebelum Anda melapor SPT harus mempersiapkan sejumlah dokumen persyaratan. Dokumen-dokumen persyaratan yang dibutuhkan untuk lapor pajak online adalah formulir 1721 A1 atau A2, daftar penghasilan, daftar harta dan utang, daftar tanggungan keluarga dan bukti pembayaran zakat atau sumbangan.

  1. Mengisi Nomor NPWP

Isilah nomor NPWP pribadi dengan cara klik menu pelaporan baru. Biasanya ada sejumlah pertanyaan yang diajukan mengenai pendapatan kotor dan pilih sesuai dengan kondisi keuangan saat ini. Pilihannya adalah lebih dari 60 juta per tahun, kurang dari 60 juta atau memiliki bisnis sendiri.

Secara umum untuk penghasilan kurang dari 60 juta per tahun maka termasuk jenis SPT pelaporan 1770SS untuk pegawai atau karyawan. Penghasilan lebih dari 60 juta per tahun maka termasuk jenis SPT pelaporan yang 1770S untuk pegawai atau karyawan dan 1170 untuk yang bukan pegawai.

  1. Melengkapi Data

Cara lapor pajak online berikutnya adalah Anda harus melengkapi sejumlah data yang dibutuhkan untuk melapor SPT. Contoh data yang harus dilengkapi adalah data pribadi seperti jenis kelamin dan status pernikahan dan detail data anggota keluarga bagi wajib pajak yang sudah menikah atau memiliki tanggungan.

Selain itu, Anda juga perlu mengisi detail pajak dengan klik tambah form 1721 A1 dan isi detail mengenai penghasilan bruto, pengurangan penghasilan dan bukti potong pajak dari pihak lain. Nah, terakhir adalah mengisi informasi tambahan apabila ada penghasilan yang tidak termasuk objek pajak ataupun hutang jadi tidak dapat dilewati.

  1. Melakukan e-Filling untuk Pajak Pribadi

Lakukan e-Filling untuk pajak pribadi jika jumlah pajak yang dibayarkan nihil. Maka Anda langsung mengisi nomor EFIN yang sudah diperoleh sebelumnya dan klik simpan baru klik lapor. Apabila status pajak kurang bayar maka Anda akan mendapatkan ID Billing dengan cara klik ID Billing Anda.

  1. Melakukan pembayaran

Nah, kemudian Anda melakukan kekurangan pembayaran yang sesuai dengan status pajak kurang bayar. Anda dapat melakukan pembayarannya ke rekening kas negara melalui sejumlah bank dan ATM. Selanjutnya Anda akan mendapatkan Nomor Transaksi Penerima Negara atau NTPN dan kemudian masukkan di kolom NTPN di akhir pengisian SPT tahunan online.

Setiap tahun warga yang melakukan usah atau bekerja dengan pendapatan di atas Pendapatan Tidak Kena Pajak wajib membayar pajak dan batas waktu lapor pajak setiap tahun adalah tanggal 31 Maret. Nah, jadi itulah beberapa langkah-langkah dan cara lapor pajak online dengan mudah dan aman.

You May Also Like

About the Author: darwins

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *