Cara Membuat Kliping yang Baik Dan Simple

Cara Membuat Kliping yang Baik Dan Simple – Kamu yang terlahir di tahun 90-an pasti sangat tidak asing lagi dengan yang namanya kliping. Ya, kegiatan memotong atau menggunting bagian tertentu dari media cetak seperti koran dan majalah adalah salah satu tugas yang biasa diberikan untuk pelajar.

Banyak sekali media cetak yang bisa kamu manfaatkan sebagai sumber informasi kliping seperti majalah, buku, koran, atau tabloid. Kliping sendiri biasa dibuat berdasarkan dengan kesukaan dari pembuat, dimana informasi yang didapat dari media cetak akan digabungkan menjadi satu dan menjadi kumpulan informasi.

Buat kamu yang belum memahami betul apa itu kliping, pada artikel kali ini admin akan membagikan cara membuat kliping yang baik. Kliping dibuat berdasarkan dengan tema tertentu, contohnya adalah tentang olahraga maka informasi yang harus dikumpulkan tentu berkaitan dengan olahraga.

Tips Membuat Kliping yang Baik dan Benar

Membuat kliping sebenarnya bukan hal yang sulit dilakukan. Kliping yang dibuat menggunakan sumber informasi yang terpercaya bisa jadi salah satu sumber inspirasi bagi banyak pembacanya. Tentu hal ini harus diperhatikan karena menjadi bagian dari karya seni, maka kliping harus dibuat dengan baik.

Berikut beberapa tips dari admin agar kamu bisa membuat kliping dengan baik:

  • Menentukan Tema Kliping

Tips pertama dari admin supaya kamu bisa membuat kliping dengan baik tentu saja adalah menentukan terlebih dahulu tema kliping. Kamu bisa menggunakan tema yang sedang populer atau yang kamu suka seperti musik, olahraga, ilmu pengetahuan, dan banyak lagi.

Dengan menentukan tema, kamu akan lebih fokus pada saat membuat dan juga menyusun kliping. Hal ini tentu akan membuatmu lebih cepat dalam membuat kliping.

  • Mencari Sumber Informasi yang Berkaitan dengan Tema

Cara membuat kliping kedua yang harus kamu lakukan adalah dengan mencari sumber informasi yang memiliki kaitan dengan tema kliping yang kamu buat. Banyak sumber informasi yang dapat kamu gunakan seperti koran, majalah, buku, atau tabloid.

Sebagai contoh jika kamu akan membuat kliping dengan tema olahraga, kamu bisa mencari informasi dari sumber seperti majalah olahraga, tabloid olahraga, atau koran. Usahakan saat mengambil informasi hanya yang akurat dan bukan informasi yang masih dugaan atau opini.

  • Mulai Menyusun Kliping

Setelah kamu menentukan tema kliping dan mencari informasi dari sumber yang terbaik, maka langkah selanjutnya tentu saja mulai menyusun kliping. Pada saat menyusun kliping, jangan lupa mengenai informasi seperti tanggal dan sumber informasinya.

Kamu bisa menyusun informasi ke dalam sebuah kertas. Sebaiknya kamu menggunakan kertas yang tebal dan tidak mudah kusut, serta ukurannya yang lebar. Tempelkan setiap potongan informasi yang kamu dapat dengan rapih pada kertas atau buku menggunakan lem kertas.

  • Menambahkan Sampul dan Daftar Isi

Dan yang terakhir setelah kamu selesai menyusun informasi yang kamu dapat pada kertas atau buku adalah dengan memberikan sampul dan juga daftar isi. Dengan adanya sampul dan daftar isi, kamu bisa mempercantik bagian depan kliping dan membuat orang tertarik untuk membaca.

Selain itu daftar isi juga akan memudahkan pembaca mencari informasi yang ada pada kliping kamu. Pembaca bisa tahu apa saja isi dari kliping yang kamu buat.

Akhir Kata

Demikian informasi yang bisa admin sampaikan mengenai cara membuat kliping yang baik. Semoga dengan informasi ini, kamu semua bisa belajar membuat kliping dan bisa membuat kliping yang baik dengan informasi yang variatif

You May Also Like

About the Author: darwins

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *