Cara Pembuatan Paspor secara Offline dan Online 2021

Cara Pembuatan Paspor secara Offline dan Online 2021 – Saat Anda ingin melakukan perjalanan ke luar negeri Anda harus memiliki paspor. Paspor ini akan digunakan saat Anda memasuki suatu kawasan di luar negeri, jadi surat ini sangat penting untuk penerbangan atau pelayaran Anda.

Pasport pun memiliki berbagai jenis. Ada enam jenis paspor yang dimiliki oleh Indonesia, salah satunya yaitu Paspor biasa yang berwarna hijau, pasport diplomatik, pasport dinas, dan lain sebagainya.

Saat pandemi, tidak semua orang dapat membuat paspor. Apakah ada perbedaan dalam pembuatan paspor secara online maupun secara offline? Atau ada syarat-syarat tertentu yang harus dilakukan?

Pada artikel ini kami akan membahas tentang cara pembuatan paspor secara online maupun offline. Simak sampai selesai sehingga tidak ada informasi yang tertinggal oleh Anda.

Syarat Pembuatan Paspor

Syarat online atau offline tidak terlalu berbeda jauh. Beberapa yang perlu Anda siapkan adalah

  1. Kartu Tanda Penduduk (KTP). KTP ini harus masih aktif
  2. Memiliki surat keterangan pindah luar negeri (alternatif)
  3. Akta kelahiran
  4. Buku nikah (jika sudah menikah)
  5. Nama, tempat tanggal lahir (data lengkap diri)
  6. Nama, tempat tanggal lahir (data lengkap orang tua)
  7. Surat ijazah atau surat baptis (bagi non-muslim)
  8. Dan surat keterangan lainnya

Ada beberapa surat yang dapat digantikan oleh surat keterangan dari institusi, namun ini pengecualian dan tidak dapat dijadikan acuan dasar pembuatan pasport.

Cara Pendaftaran Paspor secara Online

Cara pembuatan paspor yang pertama adalah melakukan pendaftaran online. Saat melakukan pendaftaran online Anda dapat melakukannya di rumah atau di tempat tertentu dan tidak harus mendatangi kantor imigrasi. Saat pandemi seperti ini, pendaftaran pembuatan paspor semakin mudah dengan disediakan prosedur pendaftaran secara online.

Untuk melakukan pendaftaran Anda harus membuka website resmi antrian imigrasi. Jika Anda sudah memasuki website, Anda harus membuat akun terlebih dahulu dengan memasukkan email dan nomor telepon. Pilihlah tujuan kantor imigrasi dan tentukan jadwal pengunjungan kantor imigrasi.

Pada keadaan biasa, pendaftaran biasa sangat menyulitkan pada pembuat paspor dalam antrian. Jika Anda sudah melakukan pembuatan akun, cetak file yang disediakan dalam bentuk PDF dan berikan kepada petugas saat kedatangan Anda.

Itulah tahap-tahap pada pendaftaran, setelah ini Anda akan mengunjungi kantor imigrasi untuk membuat paspor secara online

Pembuatan Paspor pada Kantor Imigrasi

Proses cara pembuatan paspor selanjutnya adalah pembuatan paspor pada kantor imigrasi. Diatas Anda sudah melakukan pendaftaran, dan pastikan bahwa Anda sudah paham mengenai syarat-syarat yang ada. Jika semua data sudah lengkap dapat mengunjungi kantor imigrasi.

Anda harus datang pada kantor imigrasi tujuan sesuai dengan jadwal yang ditentukan, setelah ini Anda akan melakukan proses wawancara, pengambilan foto, dan pengambilan sidik jari.

Semua akan dipandu sesuai ketentuan yang ada. Anda tidak perlu khawatir tentang lamanya pembuatan paspor, karena jadwal pengambilan telat diatur atau sudah ditetapkan. Jadi sudah tidak ada lagi yang dinamakan mendadak

Biaya Pembuatan Pasport

Kebanyakan masyarakat menganggap pembuatan pasport ini sangatlah mahal dan rumit. Tapi semua dapat dikatakan salah, karena pembuatan pasport ini tidak memakan biaya hingga puluhan juta.

Biaya yang dikeluarkan saat pembuatan paspor adalah Rp 350.000. Jika Anda menggunakan E-paspor maka akan dikenakan biaya Rp 650.000 dan apabila Anda ingin pasport ini selesai dalam hari itu juga, Anda dapat menambahkan biaya sejumlah Rp 1.000.000.

You May Also Like

About the Author: darwins

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *